(Panduan Menavigasi LMS Bimtek dan Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial)

Setelah Anda berhasil masuk/login dan memilih LMS Bimtek dan Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial, maka di halaman utama Anda akan melihat tampilan halaman utama LMS. Anda akan menemukan beberapa menu dan fitur pada sisi halaman LMS Bimtek dan Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial.

 

Berikut fitur dan menu utama tersebut:

1. Beranda

Laman pembuka dan pengenalan yang digunakan sebagai gambaran keseluruhan LMS.

Pada halaman di atas, Anda juga dapat melihat menu atau fitur lainnya:

a. Tools di dalam LMS yang berisi:

  • Account: digunakan untuk mengubah pengaturan akun, notifikasi, dan mengakses konten bersama
  • Admin: sangat penting untuk diketahui oleh pengelola LMS atau teknisi yang bertanggung jawab atas manajemen sistem, bukan hanya fasilitator/pengguna biasa.
  • Dashboard: halaman utama course yang sedang Peserta ikuti 
  • Courses: halaman utama course yang sedang Peserta ikuti
  • Groups:  berfungsi untuk mengelola dan mengakses kelompok-kelompok belajar (student groups) dalam suatu kursus. 
  • Calendar: kalender kegiatan Peserta selama rangkaian pembekalan atau bimtek menggunakan LMS
  • Inbox: pesan masuk dari rekan satu kelas
  • Help: tautan ke halaman bantuan

b. Informasi nama kelas dan course

  • Pastikan Anda sudah masuk ke kelas yang tepat dengan melihat pada informasi di bagian kiri atas LMS.
  • Jika Anda masuk ke kelas yang salah, hubungi Admin Kelas atau Fasilitator Pemandu Anda. 

c. Menu Utama di LMS

  • Untuk Fasilitator : 
    • Beranda
    • Semua modul
    • Peserta
    • Nilai
    • Daftar tugas
    • Diskusi
    • Pages
    • Files
    • Daftar kuis
    • Rubrics
    • Pengumuman
    • Outcomes
    • Silabus
    • Pengaturan 
  • Untuk Peserta : 
    • Beranda
    • Semua modul
    • Peserta

d. Informasi umum terkait course yang berisi ringkasan isi course yang akan peserta ikuti. Baca hingga selesai informasi umum ini sebelum mulai mengakses modul atau tugas.

e. Shortcut atau pintasan 

  • Untuk Fasilitator :
    • Import Existing Content :Untuk mengimpor materi dari kursus lain, seperti modul, kuis, atau tugas dari semester sebelumnya atau kursus lain yang sudah ada.
    • Choose Home Page : Memilih halaman utama yang akan tampil pertama kali saat peserta masuk ke kursus, misalnya halaman Modules, Syllabus, atau Pages.
    • Melihat aktivitas pelatihan : Melihat aktivitas peserta dalam pelatihan/kursus ini, seperti log kehadiran, keterlibatan, dan progres belajar.
    • Course setup checklist : Panduan langkah demi langkah untuk menyiapkan kursus, seperti menambahkan silabus, membuat tugas, atau mengatur modul.
    • New Announcement : Untuk membuat pengumuman baru kepada semua peserta kursus. Selain itu juga dapat digunakan untuk pemberitahuan info penting seperti jadwal, perubahan tugas, dan lain-lain.
    • Lihat notifikasi pelatihan : Menampilkan notifikasi terkait aktivitas pelatihan, seperti komentar baru, pengumpulan tugas, atau balasan diskusi.
  • Untuk Peserta :
    • Lihat aktivitas pelatihan : berisi pintasan pesan, diskusi, atau nilai Anda di dalam LMS.
    • Lihat kalender pelatihan : berisi kalender sesuai dengan jadwal kelas Anda.
    • Lihat notifikasi pelatihan : Anda bisa melakukan pengaturan notifikasi dengan menyalakan atau mematikan notifikasi LMS melalui pintasan ini.
    • To Do berfungsi sebagai pengingat modul dan tugas yang perlu Anda akses atau kerjakan sebelum batas waktu yang ditentukan. Fitur ini terletak di bagian kanan LMS dan berurut sesuai modul atau tugas yang harus diselesaikan segera. 

2. Modules

Laman yang berisi semua materi yang diberikan pada course di LMS. Anda diharapkan dapat mengikuti semua kegiatan secara berurutan, sesuai dengan rancangan kurikulum pelatihan ini.

Pada laman ini, Anda juga dapat melihat keterangan berikut:

Gambar di atas hanya merupakan contoh. Tampilan di LMS Anda dapat berbeda.

a. Keterangan apakah modul sudah diakses, dibaca, atau ditonton, pada bagian ini. Jika terdapat tanda ceklis, artinya modul sudah diakses.

b. Informasi nama, tanggal modul bisa diakses, poin (jika ada), dan keterangan apakah tugas sudah dikumpulkan atau belum dapat dicek di bagian ini.

c. Keterangan Prerequisites atau prasyarat. Artinya modul tidak bisa terbuka jika Anda belum menyelesaikan modul sebelumnya yang menjadi prasyarat dari modul tersebut.

Berikut langkah-langkah menavigasi modul:

A. Mulai Pembelajaran

Gambar di atas hanya merupakan contoh. Tampilan di LMS Anda dapat berbeda.

Terdapat dua cara untuk masuk ke pembelajaran:

1) Klik Modules di menu bagian kiri.

2) klik satah satu topik alur pembelajaran di laman utama

B. Tampilan Modul

1) Modul akan terlihat secara rinci dari sisi topik dan aktivitas, klik Tutup Semua untuk memudahkan Anda dalam navigasi per topik.

Gambar di atas hanya merupakan contoh. Tampilan di LMS Anda dapat berbeda.

 

2) Berikut tampilan setelah melakukan klik Collapse All. Anda bisa mengembalikan tampilan awal dengan klik Lihat Semua. Jika ingin membuka detail satu topik saja, klik langsung  topik tersebut.

Gambar di atas hanya merupakan contoh. Tampilan di LMS Anda dapat berbeda.

C. Tampilan Aktivitas

1) Klik salah satu aktivitas untuk mulai pembelajaran.

Gambar di atas hanya merupakan contoh. Tampilan di LMS Anda dapat berbeda.

2) Berikut adalah tampilan dalam modul. Beberapa aktivitas memiliki navigasi dalam bentuk nomor, di bagian atas atau bawah. Pastikan Anda membuka seluruh nomor secara berurutan. Klik Sebelumnya untuk kembali ke aktivitas sebelumnya. Klik Selanjutnya untuk melanjutkan ke aktivitas berikutnya.

Gambar di atas hanya merupakan contoh. Tampilan di LMS Anda dapat berbeda.

 

Sebelumnya
Berikutnya
46142410180761

Komentar

1 komentar

  • B. Lusiana Lidwina

    Bagaimana jika guru yang akan didaftarkan tidak memiliki NUPTK, tetapi sudah terdata di dapodik dan memiliki akun belajar.id? Apakah bisa, jika bisa apa yang harus diisi pada kolom "NUPTK".

    Terima kasih.

    0

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk